Wednesday, April 16, 2014

Mengunjungi Takumi New SHARP Karawang Factory

Takumi SHARP Factory - Post kali ini akan bercerita tentang hasil mengunjungi Pabrik SHARP kawasan Karawang International Industrial City,  Karawang (Jawa Barat). Pada tanggal 12 Februari 2014 Menteri perindustrian indonesia MS Hidayat meresmikan pabrik terbaru PT. Sharp Electronics yang merupakan perluasan pabrik sebelumnya yang berada di pulogadung (Jakarta).
sambil denger cerita saya, sobat bogger dan rekan pembaca bisa sambil menikmati kopi dan popcorn, karena ceritanya seru banget.

 

Sejarah dan Budaya Takumi

”Takumi
Foto: sumber www.sharp-indonesia.com
Budaya adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa sansakerta (buddayah). 
Setiap negara memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. bahkan di dialam suatu negarapun memiliki budaya yang berbeda-beda dari satu daerah dengan daerah yang lain.
Seperti kita ketahui wilayah indonesia terbentang dari sabang sampai merauke. berjajar pulau-pulau sambung menyambung yang akhirnya menjadi satu .

(udah kaya lagu aja bro... :D) . memang potongan beberapa kalimat tersebut adalah dari sebuah lagu .

Apa hubungannya SHARP Factory dengan Kebudayaan?

Berawal dari tekad Takuji Hayakawa di tahun 1912 untuk menciptakan produk terbaik, SHARP berkembang menjadi salah satu produsen alat eletronik terbesar di dunia. Takuji adalah pendiri sekaligus Takumi pertama SHARP, yang selalu menginspirasi karyawan dan karyawati SHARP untuk terus menciptakan produk baru berkualitas tinggi. Seperti yang kita ketahui, dan untuk sobat blogger dan rekan pembaca yang yang belum mengetahui, informasi berikut bermanfaat untuk rekan semuanya. SHARP mendirikan beberapa pabrik (Factory) di indonesia, di antaranya adalah yang berada di pulogadung (Jakarta Timur) dan pabrik terbaru SHARP Takumi Factory yang berada di wilayah Karawang (Jawa Barat).

Sekarang mari kita bahas sejarah filosofi antara kebudayaan jepang dan indonesia, yang tentu saja ada hubungannya dengan SHARP Factory.
Dalam bahasa jepang dikenal sebuah Kata yang di sebut Takumi yang memiliki makna 'ahli' (bahasa indonesia). Di jepang budaya Takumi selalu menjadi pedoman dalam melakukan semua pekerjaan, mengapa demikian? karena orang jepang ingin selalu mempersembahkan hasil karya yang terbaik. proses kerja yang ketat, dari pemilihan bahan sampai pada proses penyelesaian untuk menghasilkan produk yang terbaik.

Bagaimana Takumi di Indonesia?

”Takumi
Foto: sumber www.sharp-indonesia.com
Semangat Takumi ternyata di indonesia juga telah ada dari semenjak dahulu, semangat kerja seperti Takumi yang berpedoman untuk menghasilkan karya terbaik dalam setiap pekerjan. Budaya Takumi di indonesia misalkan saya beri contoh : Seniman Batik, wayang, patung, dan seniman ukir. Meskipun antara Takumi jepang dan di indonesia adalah kebudayaan yang berbeda, akan tetapi apabila diukur adalah memiliki spirit yang sama yaitu Keinginan untuk menghasilkan karya yang terbaik dengan memperhatikan setiap detailnya.


Apa hubungan Takumi dengan SHARP Factory?

”Takumi
Foto: sumber www.sharp-indonesia.com
Dengan memiliki persamaan budayadan spirit  kerja, dalam artian ketekunan orang indonesia dan keahlian/kemahiran Takumi SHARP dalam bentuk pelatihan yang berkelanjutan. di Takumi SHARP Factory mewujudkan komitmen pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) dengan mendatangkan Takumi SHARP Corporation yang berdedikasi dan kompeten penuh untuk melatih para karyawan dan karyawati di 26 negara. Di indonesia Takumi SHARP Corporation melatih calon lokal sebagai kepanjangan tangan dari Takumi SHARP untuk memastikan agar produk yang dihasilkan memenuhi standar yang berkualitas tinggi.

”Takumi
Foto: sumber www.sharp-indonesia.com

Para calon Takumi mendapatkan pelatihan di Jepang dan membuktikan kompetensi dalam melatih para karyawan, baik itu di bidang produksi, pengembangan mutu, hingga distribusi karyawan berpotensi akan terus dilatih untuk melahirkan para Takumi baru.









Produk apa yang di hasilkan Takumi Factory?

SHARP Takumi Factory yang berlokasi di karawang ternyata lebih difokuskan untuk memproduksi lemari pendingin (Biasanya orang indonesia lebih seneng nyebut lemari es atau kulkas :D) dan mesin cuci dua tabung. Hasil produksi mesin cuci dan lemari Es lebih dikonsentrasikan untuk pasar dalam negeri, hal ini bertujuan agar SHARP dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan setia SHARP.

Mari kita intip proses produksi lemari es dan mesin cuci yang berada di SHARP Takumi Factory Karawang ... yuk... mari...

”Takumi
Foto: sumber www.sharp-indonesia.com
Dalam proses memproduksi sebuah produk, untuk mencapai tingkat hasil kualitas yang tinggi diperlukan adanya control dan efisiensi.
SHARP Takumi Factory dilengkapi dengan Production Control System baru, teknologi canggih seperti Automated Guided Vehicle (AGV) dan berbagai fasilitas lainnya. Production control System memungkinkan update proses produksi di setiap lini produksi, hal ini bertujuan untuk :
  •  Meningkatkan efisiensi, 
  •  Meningkatkan kapasitas produksi, standar kualitas, dan
  •  Menghemat waktu dan tenaga untuk transportasi dari gudang ke bagian produksi ataupun sebaliknya.
Dengan menganut prinsip super green factory, seluruh bagian didesain untuk menghemat penggunaan energi. bahkan beberapa fasilitas pakbrik dilengkapi panel surya yang mampu menghasilkan energi ini.

Pabarik Mesin Cuci Takumi Factory Karawang

”Takumi
Foto: sumber www.sharp-indonesia.com
Mesin cuci siapa yang tidak tahu? ibu-ibu rumah tangga pasti adalah salah satu penggemar Mesin cuci karena dapat membantu pekerjaan ibu rumah tangga sehari-hari.
Keahlian karyawan dan kemampuan bekerja secara akurat dan cepat merupakan modal utama Takumi Factory untuk mencapai kualitas tinggi sesuai dengan standar Takumi.

Selain itu divisi Quality Control memegang peranan yang amat penting untuk memastikan produk terbik yang dihasikan di pabrik mesin cuci Sharp.

Kapasitas produksi mesin cuci di pabrik Sharp Karawang adalah sebesar 1.680.000 pertahun atau sekitar 2,5 kali kapasitas produksi di pabrik Pulogadung.





Pabrik Lemari Es Takumi Factory Karawang

”Takumi
Foto: sumber www.sharp-indonesia.com
Proses pembuatan lemari es yang lebih rumit dibanding mesin cuci menuntut keahlian, ketelitian dan kecepatan kerja dari para karyawan Takumi Factory. Quality control langsung terintegrasi dengan proses produksi, sehingga memungkinkan tercapainya standar kualitas terbaik sesuai dengan standar Takumi.

Dukungan teknologi yang makin canggih memungkinkan SHARP Takumi Factory pabrik baru di karawang ini menciptakan lemari es berkualitas tinggi dengan kapasitas produksi lebih besar dari sebelumnya, yaitu sebesar 2.640.000 pertahun atau sekitar 2 kali kapasitas produksi di pabrik Pulogadung.


well... welll semua itu kan berhubungan dengan pabrik aja bro.... kalau untuk mengenai fasilitas untuk Karyawan bagaimana yah.

Fasilitas apa untuk Karyawan Takumi Factory?

Jangan khawatir sobat blogger, agan dan sista, serta rekan pembaca lainnya, ini adalah kunjungan ke pabrik-pabrik yang membuat saya cukup tercengang, kaget, kagum dan bangga terhadap apresiasi SHARP Takumi Factory, mengapa kagum gan.. ?

”Takumi
Foto: sumber www.sharp-indonesia.com
SHARP Takumi Factory Karawang membuat saya kagum dan bangga karena baru kali ini saya menemukan sebuah pabrik yang melibatkan dengan mengundang seluruh karyawan untuk mendesain fasilitas pabrik sesuai dengan kebutuhan mereka. Fasilitas itu terdiri dari Mesjid, Klinik Kesehatan, Kantin, Koperasi, Showroom dan lapangan sepak bola.

SHARP Takumi Factory melibatkan seluruh karyawan dalam mendesain segala fasilitas karena memiliki pandangan bahwa bagian terpenting adalah para karyawan.

nah lhooo.... kebayang gak sih.. ? Sebuah lingkungan kerja yang memiliki fasilitas lengkap dan berkesan memanjakan karyawan. terlebih lagi baru pertama saya melihat sebuah lingkungan tempat kerja yang memilki lapangan sepak bola sendiri. Kalau saya boleh berpendapat mungkin ini bagian dari engagment ke karyawan agar lebih produktif dalam bekerja.

Bagaimana SHARP Takumi Factory menjaga lingkungan? 

ini pertanyaan yang sangat kritis, karena kebanyakan mendirikan sebuah tempat usaha / pabrik biasanya kurang memperhatikan dengan lingkungan sekitar, dan imbasnya adalah pencemaran pada lingkungan sekitar pabrik.

SHARP Takumi Factory memiliki tangggung jawab untuk ikut membangun dan menjaga lingkungan. Karena itulah SHARP Takumi Factory memiliki visi menciptakan solusi yang memberi dampak positif terhadap lingkungan. Visi tersebut ditempuh melalui bisnis yang ramah lingkungan, sadar kesehatan, fokus pada produk hemet energi, mengembangkan produk penghasil energi serta secara aktif melaksanakan kegiatan pelestarian alam dan pendidikan lingkungan. Terbukti Takumi Factory mendukung program Go Green dengan prinsip super green factory yang mereka anut. Semua ini untuk mewujudkan lingkungan hijau, bersih dan sehat untuk seluruh keluarga dan untuk Indonesia.


”Takumi
Foto: sumber www.sharp-indonesia.com

Demikian sedikit pengalaman saya dalam kunjungan ke SHARP Takumi Factory karawang yang dapat ane share ke sobat blogger, agan sista, dan rekan pembaca lainnya. Apabila rekan-rekan semua ingin memiliki pengalaman berkunjung ke SHARP Takumi Factory, sobat blogger dan teman-teman semua dapat mengajukan kunjungan dengan mengunjungi link ini untuk mengisi form kunjungan. untuk sobat blogger dan rekan pembaca lainnya yang tidak memiliki kesempatan untuk berkunjung dan mengenal tentang  SHARP Takumi Factory, don't worry bro... you'll be happy..  karena sobat blogger, agan dan sista, serta rekan pembaca lainnya masih dapat melihat melalui youtube.

Sambil sobat blogger, agan sista mantengin youtube SHARP New Karawang Factorysekalian ane pamit dulu undur diri...sampai ketemu di pengalaman atau post berikutnya.

Selamat Menonton ....


1 comment:

  1. Making Money: Tips & Strategies to Make Money in Money from Online
    If you're new to online sports betting and want to start betting, you need หารายได้เสริม to find ways to 바카라 사이트 make septcasino a good profit. Find out all about making real money betting

    ReplyDelete